Comeback Subway, dan Strategi Digital Marketing Unik Lainnya
Restoran roti isi atau sandwich kenamaan asal Amerika Serikat (AS), Subway telah kembali buka di Indonesia. Sejak pertama kali buka di Cilandak Town Square (Citos) pada 15 Oktober, Subway kini telah memiliki empat gerai di Jabodetabek.
Ketiga gerai Subway lainnya berada di Setiabudi One, The Breeze BSD, dan di Pantai Indah Kapuk (PIK). Kembalinya Subway ke Indonesia tak terlepas dari banyaknya permintaan yang datang ke manajemen Subway.
"Permintaan kehadiran restoran Subway yang tinggi datang dari berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia," kata Chief Executive Officer (CEO) Subway, John Chidsey, dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Selasa, 24 Agustus 2021.
Kehadiran Subway di Indonesia memperluas kehadirannya di Asia Pasifik. Sebelum di Indonesia, Subway lebih dulu hadir di Korea Selatan, Jepang, dan Singapura.
Lantas, bagaimana awal kehadiran Subway hingga membuatnya sebagai salah satu jaringan restoran dan merek roti isi kenamaan dunia? Berikut ulasan berdirinya Subway yang dikutip dari situs resmi subway.com.
Didirikan oleh entrepreneur berusia 17 tahun
Pada 1965, Fred DeLuca memantapkan mimpinya untuk menjadi seorang dokter. Dalam rangka mencari cara untuk membantu pembayaran sekolahnya, salah seorang anggota keluarga menyarankan DeLuca untuk membuka toko roti sandwich dengan roti panjang (submarine).
Adapun, sosok yang memberi ide kepada DeLuca tersebut adalah Peter Buck. Peter kemudian memberikan 1.000 dolar AS kepada DeLuca sebagai investasi awal membangun toko sandwich tersebut.
Setelah itu, hubungan bisnis keduanya semakin terbentuk dan mengubah lansekap industri makanan dan mengubah kehidupan ribuan orang. Kemitraan DeLuca dan Peter membuat mereka berhasil membuka restoran pertamanya di Bridgeport, Connecticut. Di sana, mereka menyajikan roti isi yang dibuat berdasarkan pesanan secara segar dan murah.
Kala itu, nama yang diusung belum Subway melainkan Pete's Super Submarines dan mereka berhasil menjual 312 roti isi pada hari pertama pembukaan restoran tersebut. Adapun harga yang dipatok untuk roti isi tersebut saat itu berkisar antara 49 hingga 69 sen. Nama Subway pun akhirnya resmi digunakan pada 1968.
Dalam menghadapi era informasi, sepertinya Digital Marketing merupakan arah strategi yang sekarang banyak digunakan oleh setiap brand perusahaan. Marketing agency, Social Media Agency dan Public Relations Agency juga kini menggunakan Digital Marketing sebagai acuan strategi yang digunakan untuk memenuhi tujuan pemasaran dari klien. Sebagai salah satu PR dan Digital Marketing Agency di Jakarta, Media Buffet PR mengkombinasikan Public Relations dan Digital Marketing pada aktivitasnya.
Untuk memahami bagaimana implementasi digital marketing, sepertiny a menarik untuk membahas lebih jauh bagaimana sebuah brand-brand besar di luar sana menerapkan strategi yang unik dan di luar ekspektasi publik dalam upaya memaksimalkan atensi masyarakat akan produk baru yang akan diluncurkan.
Yuk kita lihat beberapa contoh penerapan strategi Digital Marketing yang sangat unik dari brand ternama yang berhasil memikat perhatian dari pasar yang dituju.
Launching Subway di Indonesia (Subway)
Apakah kalian ingat dengan hoax terbentuknya akun Instagram Subway Indonesia di bulan Desember tahun lalu? Entah hoax atau memang merupakan tahap bridging menuju kampanye peluncuran gerai, yang pasti dibuatnya akun Instagram Subway palsu di tahun lalu itu berhasil membangun brand awareness dan membuat masyarakat berangan-angan akan hadirnya Subway di depan mata mereka.
Kalau memang sengaja, ini merupakan strategi Digital Marketing yang sangat menarik karena Subway berhasil merencanakan kampanye ini dan mengeksekusikannya sejak lama untuk pada akhirnya gerai pertama benar-benar dibuka.
Selain itu, Subway juga sering sekali muncul di berbagai serial drama Korea sejak lama. Product placement yang dilakukan Subway tersebut sepertinya juga berhasil membangun antusias hadirnya Subway di kalangan pecinta drakor. Hal ini terbukti dari antusias masyarakat yang tinggi saat Subway benar-benar hadir di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan pada tanggal 15 Oktober 2021.
Sangat informative dan mudah di mengerti, good.
ReplyDeleteSaya excited banget pas subway comeback ke Indonesia ๐๐
ReplyDeletekeren banget penjelasannya, mudah di mengerti
ReplyDeleteKerenn๐๐
ReplyDeletekeren sih bisa comeback
ReplyDeletekeren bgt jadi mau
ReplyDeletebagus kak
ReplyDeletekeren bgt kak
ReplyDeletekerenn
ReplyDeleteterima kasih informasinya
ReplyDelete